-->

Vokal Thai | สระไทย

       


     Setelah mempelajari tentang konsonan, ada lagi yang perlu dipelajari yang masih berkaitan dengan aksara Thai yang disebut dengan Vokal. Mendengar kata ini memang sudah tidak asing lagi ditelinga kita, namun terkadang masih sulit untuk mendefinisikan apa maknanya. Devinisi dari vokal adalah suara yang mana tidak ada halangan saat mengeluarkan tekanan udara dari sumber suara ke mulut. Sehingga suara dapat keluar dengan bebas dan membentuk bunyi tertentu seperti A I U E O. 


     Dalam bahasa Thai vokal disebut dengan สระ / Sàrà, memiliki jumlah 32 vokal yang terdiri dari vokal panjang dan vokal pendek. Walaupun kelihatan ada banyak sekali vokal namun sebenarnya vokal dalam bahasa Thai hanya memiliki 24 bunyi saja. Vokal dalam bahasa Thai ini ada yang memiliki satu suara atau disebut monoptong dan suara ganda atau disebut diptong. Untuk lebih jelasnya akan diuraikan pada tabel dibawah ini.



สระ / Sàrà
Vokal

No
Vokal Panjang
Vokal Pendek
Vokal
Lafal
Contoh
Vokal
Lafal
Contoh
1
อา
Aa
มา / maa
อะ
a’
กะเทย / 
kà-toie
2
อี
Ii
ดี / dii
อิ
I’
ติด / tìt
3
อือ
Euu
คือ / keuu
อึ
Eu’
ดึง / deung
4
อู
Uu
ดู / duu
อุ
U’
คุ้ง / kúng
5
เอ
E
เทพ / thêp
เอะ
E’
เตะ /
6
แอ
Ae
แต่ / dtàe
แอะ
Ae’
แพะ / páe
7
โอ
O
โอม / ohm
โอะ
O’
โต๊ะ / dtó
8
ออ
O
(bibir bulat lebar)
สอย / sŏi
เอาะ
O’
(bibir bulat lebar)
เจาะ /
9
อัว*
Ua
หัว / hŭa
อัวะ*
Ua
ผัวะ / pùa
10
เอีย*
Ia
เสีย / sĭa
เอียะ*
Ia
เผียะ / phia
11
เอือ*
Eua
เมื่อ / mêua
เอือะ*
Eua
เกือะ / geua
12
เออ
Ee (er)
เธอ / the (ther)
เออะ
E’ (er’)
เยอะ / ’ (yér’)
13
ฤๅ
Reuu
-
Reu
ฤดู / réuduu
14
ฦๅ
leuu
-
leu
-
15



ไอ
Ai
ไฟ / fai
16



ใอ
Ai
ใน / nai
17



อำ
Am
ดำ / dam
18



เอา
ao
เตา / tao
     * vokal ganda (diftong)
     - tidak ada atau belum menemukan

Posisi Penulisan / Penempatan Vokal
     Posisi ditempatkannya vokal dalam Bahasa Thai tentunya tidak berada pada tempat yang sama. ada 5 posisi untuk meletakkan vokal.

  • vokal berada sebelum konsonan : เอ, แอ, โอ, ไอ, ใอ

  • vokal berada setelah konsonan : อะ, อา, อัว, อัวะ

  • vokal berada diatas konsonan : อั, อิ, อี, อื, อึ

  • vokal berada dibawah konsonan :อุ อู


  • vokal berada disekeliling konsonan : เอะ แอะ โอะ เอา เอาะ เอียะ เอีย เออะ เออ เอือ เอือ

       jika ada dua berurutan, yang pertama adalah konsonan dan yang 
       kedua adalah bagian dari vokal.


Perubahan Bentuk Vokal 
      Maksud perubahan bentuk vokal ini adalah adanya penambahan vokal lain yang menyertai ataupun vokal tertentu yang diganti dengan vokal yang berbeda.

Vokal อะ adalah vokal yang berbunyi "a" pendek dan tidak boleh ada konsonan akhiran setelahnya. kalau ada konsonan akhiran setelahnya maka diganti dengan อั yang bunyinya sama "a" pendek. Nama dari อั adalah ไม้หันอากาศ máai hăn-aa-gàat.
contoh :
กะ /  - กัด / gàt
สะ / sà - สับ / sàb

Vokal อือ apabila tidak ada konsonan akhiran setelahnya maka terdapat  setelahnya. Apabila ada konsonan akhiran setelahnya maka hilang karna sudah ada konsonan akhiran tersebut. 
contoh :
คือ / keu  - คืน / keun
มือ / meu - มืด / mêut

Vokal pendek เอะ dan แอะ tidak boleh ada konsonan akhiran setelahnya, kalau ada konsonan akhiran setelahnya maka harus membuang dan menggantikannya dengan simbol อ็ tepat diatas konsonan pertama. Nama simbol ini adalah ไม้ไต่คู้ máai tài Khúu. tidak hanya berlaku untuk vokal เอ dan แอ saja, simbol อ็ ini juga bisa ditambahkan untuk konsonan dan . Sebagai pengecualian, untuk penggunaan pada kedua konsonan tersebut tidak ditambahkan konsonan akhiran setelahnya.
contoh :
เปะ / pè' - เป็น / pen (sama sama berbunyi pendek)
ก็ / goo
อ็ / oo


Vokal เออ apabila tidak ada konsonan akhiran setelahnya maka ditambahkan . Apabila ada konsonan akhiran setelahnya maka dihilangkan dan digantikan dengan อิ tepat diatas konsonan.
contoh : 
เธอ / ther - เปิด / pèrt (seperti ejaan inggris. r tidak diucapkan).


Catatan:
Untuk vokal อำ เอา ไอ ใอ adalah vokal pendek, namun bisa juga berbunyi vokal panjang. Selain itu vokal ini tidak bisa ditambahkan konsonan mati setelahnya. kalaupun ada konsonan mati pasti keberadaannya disenyap oleh simbol อ์ atau disebut dengan  ไม้ทัณฑฆาต máai tan-tá-kâat. Dan huruf yang telah disenyap oleh simbol tersebut disebut dengan การันต์ / karan.
contoh : 
น้ำ / náam dibaca panjang. sedangkan จำ / jam dibaca vokal pendek.
ได้ / dâai dibaca panjang. sedangkan ไป / pai dibaca vokal pendek.
ไมค์ / maik dibaca Mai

Untuk vokal อัวะ เอียะ เอือะ jarang ditemui dalam kosa kata bahasa Thai, vokal ini ada yang digunakan untuk menirukan sebuah bunyi atau untuk menuliskan kosa kata dari bahasa asing.


Untuk mempelajari vokal, lebih baik menggunakan audio saja agar pelafalan lebih akurat dan tepat, karena peromanisasian atau bacaan latin yang digunakan kemungkinan belum bisa tepat seperti suara aslinya. audio bagaimana cara melafalkan vokal Thai bisa download di youtube atau aplikasi yang disediakan di store smartphone kamu. 

LihatTutupKomentar